Ilustrasi badai
Filipina mulai melakukan evakuasi terhadap ribuan masyarakat  usai kedatangan badai topan dari arah Samudera Pasifik yang membawa hujan lebat, angin kencang, dan mengancam lokasi gelaran SEA Games 2019.

‌Badan Cuaca Filipina menduga Topan Kammuri akan menghantam Filipina pada sekitar Senin (2/12) malam atau Selasa (3/12) pagi dengan kecepatan 170 kilometer per jam dan kecepatan angin setelahnya maksimum 140 kilometer per jam.
Badai itu mulai masuk wilayah Filipina pada Sabtu (30/11) malam, sesaat sebelum Presiden Rodrigo Duterte dan bintang tinju Manny Pacquiao membuka SEA Games dengan acara yang semarak.
‌Filipina sendiri tahun ini menjadi tuan rumah digelarnya ajang olahraga terbesar se-Asia Tenggara.

‌SEA Games berlangsung di Clark, Manila, dan Subic, hingga 11 Desember 2019.
SEA Games 2019 dijadwalkan akan menghelat berbagai pertandingan dari 56 cabang olahraga di puluhan lokasi yang berjarak berjam-jam dengan perjalanan darat, belum termasuk juga dengan kemacetan di Manila.
Pihak penyelenggara telah mengatakan bahwa ada rencana alternatif bila badai topan datang, termasuk peluang pembatalan pertandingan di luar ruangan. Pertandingan itu sendiri sebagian besar berada di pulau utama Filipina, Luzon.